Selasa, 12 Januari 2016

I LAYER DAN PROTOKOL.


 I LAYER DAN PROTOKOL.

 1. OSI Layer 
 Open Systems Interconnection (OSI) adalah sebuah model referensi arsitektur antarmuka jaringan yang dikembangkan oleh ISO yang kemudian menjadi konsep standard komunikasi jaringan di hampir semua perangkat jaringan.

Keterangan : 
1. Physical : Perangkat Fisik yang digunakan untuk meng akses ke suatu Media, misalnya Wifi, Modem, dan perangkat sebagainya.
2. Data Link : Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. 
3. Network : Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.
4. Transport :Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima
5. Session :Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama
6. Persentation : Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
7. Application : Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.
 PROTOCOL :
1. Physical :
- Tidak mempunyai protokol yang spesifik di layer ini, bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik antar sistem, pada layer ini hanya mengirimkan bit bit data.
2. Link :
-  Mac Address (Media Acces Control Address) adalah., sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.
-  Switch adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk menjembatani atau menghubungkan antara Koneksi/Jaringan dengan komputer atau laptop yang kita miliki. atau sama seperti Ethernet.
3. Network : ICMP,IP,ARP
4. Transport : TCP(Transmission Control Protocol), UDP(User Datagram Protocol),Routing Protocols RIP, OSPF, BGP
5. Session : TCP Data Session Maintenance | Domain Resolve
6. Persentation : Enkripsi, dekripsi, mime
7. Application : SMTP, HTTP, FTP, Telnet, DNS, DHCP, SNMP, TFTP.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent

Comment

Popular Posts